Jumat, 02 Mei 2014

Skema Rangkaian Setrum Ikan

Widodocpi,
Skema rangkaian setrum ikan Rangkaian setrum ikan berikut ini cara kercanya yaitu input volt DC masuk ke lilitan secara berulang-ulang sehingga menimbulkan arus AC pada outputnya. Yang membuat masuknya arus ini yaitu platina dan jika tanpa platina tidak bisa menimbulkan arus AC.

Keberhasilan dalam membuat setrum ikan ini terletak pada lilitannya. Lilitan harus rapat dan kencang.Adapun cara melilitnya yaitu:

1. Inti besi. Inti besi ini bisa berupa bekas travo 5 ampere ambil yang lurus (i) sebanyak      30 buah  atau atau bekas engsel kira-kira jika di tumpuk sekitar 3 cm.

2. Balut inti besi itu dengan kertas semen sebanyak 5 atau 7 belitan dan di lem.

3. Mulai melilit kabel email diametervsebesar 1mm sebanyak 5 lilitan.

4. Setiap lilitan balutlah dengan kertas semen sebanyak 3 atau 5 belitan, lilitan pertama     selesai kemudian balut dengan kertas semen, lilit lagi setelah selesai balut lagi dengan     kertas semen sampai lilitan ke lima.

5. Setelah lilitan kelima selesa jangan lupa balut dengan kertas semen kemudia mulai     melilit lagi Lilitan yang kedua besar diameter kabel 0.6 mm. sebanyak 7 lilitan untuk     caranya sama setiap lilitan harus di balut dengan kertas semen.

6. Berarti setiap ujung initi besi sekarangmasing2 ada 2 kabel yaitu kebel 0.6mm dan     1 mm kemudian sambung salah satu kabel 0.6 sama 1 mm di sebelah kanan atau kiri     ujung inti besi itu.

7. Ujung lilitan yang besar 1 mm terhubung ke Accu dan yang kecil 0.6 mm terhubung     ke jaring sedang lilitan yang di gabung tadi terhung dengan platina dan capasitor.

8. ingat lilitan usahakan bener2 rapat dan kencang.

9. Pemasangan kontak platina harus dekat dengan inti besi lilitan.    

Gambar1 rangkain setrum ikan Keterangan : Hasil uji coba pada  lilitan rangkaian setrum di atas  tergolong  setrumnya yang sangat besar. Gambar 2  rangkain strum ikan Keterangan: Pada gambar 2 rangkaian tersebut sama dengan dengan Gambar 1 untuk cara kerjanya yang membedakan adalah lilitan menggunakan kabel 1 mm atau di atasnya dengan  jumlah lilitan bisa 3,5,7 lilitan dan setiap lilitan di belit dengan kertas semen.

Cara merangkai: setelah lilitan jadi, ujung lilitan ada 2, yang satu terhubung ke accu +  dan ujung lilitan yang satunya terhubung ke condensor motor +. Saklar yaitu condensor motor + dan platina +, untuk sticknya condensor motor + dan platina + setelah di gabung dengan saklar tadi  sedangkan accu - terhubung ke condensor motor- dan platina -.dan jaring, yang perlu di perhatikan inti besi lilitan harus dekat dengan kontak platina. cara kerja platina: setelah sklar di tekan/on maka lilitan akan menimbulkan magnet pada  inti besinya , karena kontak platina dekat dengan inti besi lilitan tadi maka magnet dalam  inti besi lilitan akan menarik kontak platina menimbulkan percikan api dan untuk meredamnya menggunakan condensor motor.

Sebenarnya tanpa condensor platina bisa bekerja tapi tidak menimbulkan tegangan ac. Simpelnya ambil sebuah jarum ikat dengan benang kemudian tahan benang dan dekatkan jarum dekat magnet maka jarum akan di tarik oleh magnet supaya lengkat. Karena benangnya di tahan maka jarum tidak bisa lengket ke magnet yang terjadi jarum dan benang menjadi kencang.   Gambar3 lilitan setrum ikan menggunakan travo 5 ampere Related Po

1 komentar:

Unknown mengatakan...

aku dah pernah nyoba pake travo semua ikut skema tapi setrum kecil itu apanya ya mas.....platina vespa condensor 4 aki 12v....tlg apa yg kurang betul....maaf masih bljr.....